Bagaimana ERP Mampu Mendukung Kemenangan Dalam Persaingan Bisnis?

Setelah adanya teknologi informasi dan komunikasi, untuk mampu bertahan dan sukses dibutuhkan daya saing yang tinggi dalam memenangkan usaha. Oleh sebab itu sebuah perusahaan dituntut untuk mampu cepat ( speed ), akurat ( accuracy ) dan memiliki kekuatan atau performa kerja yang mampu mengimbangi kebutuhan dan masalah konsumen untuk diberikan solusi berupa produk atau layanan dari perusahaan kita.

Lalu bagaimana perusahaan mampu cepat dan akurat dalam memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan masalah konsumennya?..




Untuk menjawab pertanyaan di atas maka perusahaan perlu memiliki apa yang disebut dengan ERP ( Enterprise Resource Planning ) atau perencanaan sumberdaya. Sumberdaya terdiri dari sumberdaya manusia dengan ketrampilan dan pengetahuannya untuk melayani konsumen dan mengolah bahan baku menjadi produk yang diharapkan konsumen, sumberdaya keuangan yang mampu digunakan sebagai biaya dan modal untuk memenuhi kebutuhan dan masalah konsumen dan juga sumberdaya alam, alat atau bahan baku yang dibutuhkan untuk melayani kebutuhan dan masalah konsumen. SDA, SDM dan Keuangan merupakan inti penting dari sebuah Perencanaan Sumberdaya Perusahaan.

EPR ( Enterprise Resource Planning ) adalah sebuah sistem informasi yang mengolah sumberdaya tersebut di atas untuk menjadi informasi. Dan informasi tersebut digunakan untuk mengambil keputusan dalam merancang atau mendesain sebuah produk barang maupun layanan. Dengan memiliki data dan informasi yang lengkap dan terstruktur akan memudahkan untuk memproduksi barang yang dibutuhkan oleh konsumen dengan cepat dan tepat.



Sebagai contoh kecil, apabila kita memiliki industri catering atau rumah makan, kita sudah memiliki data supplyer atau bahan baku, misal sayur, bumbu dan sembako, dan kita juga punya data juru masak atau koki yang sesuai dengan bidangnya, dan kita memiliki sumberdaya keuangan untuk modal seperti bank atau non bank, atau setidaknya kas dalam akuntansi ditunjukan cukup untuk membiayai sebuah proyek dalam pesanan makanan atau catering, maka akan mempercepat usaha kita untuk melayani. Tanpa itu perencanaan kita tidak lengkap, sebagai contoh apabila modal ada, koki juga ada, tetapi bahan baku tidak tersedia karena kita tidak memiliki data dan informasi supplyer, maka peluang juga akan hilang. Enterprise Resource Planning adalah sauatu tools atau alat untuk cepat mengendalikan lini internal atau belakang suatu perusahaan untuk mememangkan persaingan.




Enterprise Resource Planning ( ERP ) atau perencanaan sumberdaya merupakan alat atau tools yang sangat mempengaruhi kemenangan dan dalam persaingan di era teknologi informasi dan komunikasi, terlebih dengan adanya new normal di karena adanya pandemi covid 19. Untuk memiliki tools atau alat bantu tersebut, biizaa telah menyediakan dukungan aplikasi ERP baik untuk kecil maupun usaha besar.

Untuk mencoba aplikasi ERP anda bisa mencoba di www.biizaa.tech ( Supriadi Asia ).

Bagikan jika bermanfaat..
Updated: 05/02/2021 — 11:45