Digital Economy Sebagai Solusi Pertahanan Ekonomi Dari Dampak Virus Corona.

Dalam ekonomi telah lama kita mengenal sektor riel atau industri dan sektor finansial atau keuangan. Kedua sektor ini harus saling berdampingan untuk tumbuh dan berkembang. Setelah munculnya era teknologi informasi dan komunikasi munculah digital economy. Dimana baik sumber pendapatan maupun transaksi diperoleh dari digital, dan munculah perusahaan perusahaan berbasis digital.

Di saat sebuah wabah atau virus melanda di belahan dunia, maka berampaklah pada perekonomian dunia. Terutama di sektor industri, dimana produk produk dicurigai sebagai pembawa virus, begitu juga dengan kontak sesama manusia. Terutama dari orang orang yang berada di wilayah terdampak virus, seperti corona atau covid 19. Tentu ini berdampak selain pada sektor riel juga berdampak pada sektor finansial, karena bertumbuhkan sektor finansial tak lepas dari bertumbuhnya sektor riel.




Namun ekonomi digital tidak begitu berdampak, karena lebih cenderung tidak berhubungan langsung dengan manusia maupun produk. Walau terdampak mungkin belanja online maupun iklan di media online atau digital. Dengan demikian maka ekonomi digital dapat digunakan sebagai strategi bertahan di era terjadinya wabah virus sepert corona. Dengan meningkatkan produktivitas digital baik untuk masyarakat maupun untuk negara.

Kita ambil contoh, misalnya usaha web blog atau usaha periklanan online, atau seperti yang disebut dengan blogger atau youtuber. Selama pengunjungnya tinggi, maka pemasang iklan juga terus berjalan dan ekonomi lebh bisa bertahan. Untuk itu perlunya sebuah negara membangun ekonominya berbasis digital agar lebih bertahan dari dampak wabah virus corona.




Pelatihan pelatihan seperti menjadi blogger atau menjadi youtuber atau memenangkan bidding atau lelang di portal atau platform freelance perlu digalakan. Agar masyarakat tetap berpenghasilan walau dalam kondisi wilayah terdampak wabah virus corona. Masih banyak yang lain lagi, diantaranya adalah menjadi pengajar online di situs situs yang memberikan peluang kita bisa mengajar online dan mendapatkan hasil dari mengajar secara online. ( supriadi asia ).

Bagikan jika bermanfaat..