Langkah Pertama | Panduan Membangun Toko Online Sendiri

Panduan membangun toko online sendiri ini biizaa buat agar masyaakat dengan mudah dan murah mampu membangun toko onnline sendiri serta mengendalikan usahanya sendiri dengan mudah, murah dan cepat. Sehingga tidak tergantung dengan toko online lain, tetapi mampu melengkapi sendiri usahanya.

Apa manfaat toko online bagi dunia usaha?




Manfaat toko online bagi dunia usaha adalah sebagai media atau pusat informasi, komunikasi dan transaksi, baik transaksi keuangan maupun transaksi barang.  Sebagai pusat informasi dengan memiliki toko online, maka akan mudah kita menyajikan informasi perusahaan untuk membangun kepercayaan dan informasi produk untuk membangun pemasaran atau memudahkan konsumen untuk melihat, mereview dan memilih produk untuk mereka beli.

Sebagai pusat komunikasi, karena untuk terjadinya transaksi atau jual beli dibutuhkan komunikasi yang tepat dan mudah, dengan memiliki toko online dilengkapi sebagai pusat komunikasi, maka antara konsumen, pemilik toko online dan supplyer toko online aka mudah untuk berkomunikasi.




Sebagai pusat transaksi, kebutuhan kemudahan akan transaksi baik dalam keuangan dalam hal ini pembayaran sangat dibutuhkan, dimana konsumen dengan mudah untuk membayar dan pemiliki toko online dengan mudah untuk menerima serta mengirimkan barang dalam transaksi barang. Kemudahan ini yang harus diwujudkan dalam toko online dalam melayani konsumen.

Apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah toko online:

yang dibutuhkan untuk membangun toko online yang pertama adalah memiliki hosting, tempat untuk menyimpa aplikasi, data dan informasi produk di internet.  Hosting yang memiliki kapasitas yang cukup untuk menampung data dan informasi toko online. Untuk pemula tidak membutuhkan server hosting yang besar, dengan investasi sekitar Rp. 1.500.000 sudah bisa memiliki hosting dan domain selama 43 ( tiga tahun ). Kemudahan mendapatakan toko hosting ini dapat dibeli di biizaa.tech .

Selanjutnya adalah domain, domain adalah identitas toko online atau alamat internet anda di dunia masya, sebagai contoh adalah www.biizaa.tech www.biizschool.com dan lain lain, dengan memiliki nama domain calon konsumen bisa dengan mudah mengakses informasi perusahaan anda. Harga domain ini sangatlah murah dan terjangkau untuk domain dengan ekstensi .com hanya sekitar Rp. 150.000 sampai dengan Rp. 200.000 per tahun, bisa dibeli di biizaa.tech atau biizstech.com 




Setelah memiliki hosting dan domain anda membutuhkan CMS ( Content Manaagement System ) yang banyak tersedia di internet terutama di layanan hosting, anda cukup dengan mudah untuk di install, CMS yang bisa digunakan untuk toko online adalah WP atau wordpress. Dengan menginstall wordpress, maka kita bisa menginstall pula plugin toko online dan salah satu plugin toko online yang terkenal adalah woocommerce. Woocommerce memberikan feature yang gratis tetapi powerfull untuk membangun toko online.

Setelah memiliki wordpress sebagai content management system toko online, selanjutnya anda menginstall plugin woocommerce, plugin ini yang digunakan sebagai system toko online. Dengan plugin woocommerce ini, ktia bisa setup atau atur mulai dari pengaturan umum, pengaturan produk, pengaturan mata uang, pengaturan pengiriman dan pengaturan pengaturan lain yang dibutuhkan.




 

Setelah memiliki hosting, domain, wordpress dan plugin toko online maka anda bisa mengupload produk dan melakukan transaksi penjualan melalui toko online juga bisa langsung untuk membagi bagikan ke sosial media yang akan kita bahas selanjutnya. ( biizaa tech ).

Bagikan jika bermanfaat..
Updated: 13/02/2021 — 08:58