Memahami Smart City dan Elemen Elemennya

Smart City merupakan salah satu solusi agar masyarakat di suatu daerah mampu berdaya saing dengan dukungan kebijakan publik berbasis smart city. Karena dengan smart city suatu daerah mampu untuk menjalankan pemerintahan secara efektif, efisien dan ekonomis tetapi powerfull mampu meningkatkan layanan publik. Sehingga masyarakat dengan dukungan smart city dari suatu daerah mampu berdaya saing.

Dalam smart city dibutuhkan pemerintah yang cerdas juga masyarakat yang cerdas, untuk itu dibutuhkan informasi yang atau pengetahuan tentang smart city agar semua pihak mampu untuk memahami dan bekerjasama membangun smart city di daerah.

 

Smart City yang digunakan dalam perencanaan daerah terdiri dari 6 element utama yaitu:




  1. Smart Goverment, dapat diartikan sebagai tata kelola kota yang cerdas, . Dimana pemerintah mampu mengelola dengan cepat, efektif, efisien dan ekonomis tata kelolanya. Tata kelola tersebut terdiri dari tata kelola layanan publik ( public service ), tata kelola birokrasi dan tata kelola dalam pengambilan keputusan public ( policy ) atau proses pemerintahan yang cerdas.
  2. Smart Branding, adalah bagaimana suatu daerah dengan cerdas mampu memasarkan atau membuat brand dengan cerdas kotanya. Sehingga mampu berdaya saing. Tiga sub element yang perlu diperhatikan dalam smart branding adalah pariwisata, bisnis dan wajah kotanya.
  3. Smart Economy, adalah tentang tata kelola ekonomi atau sistem ekonomi yang cerdas dalam dalam suatu pemerintahan daerah. Tata kelola cerdas dalam perekonomian meliputi sub elemen ekosistem industri yang berdaya saing, mewujudkan kesejahteraan masyarakat ( welfare ), dan transaksi keuangan atau sektor riel yang cerdas. Dengan membangun sektor riel ( industri ), kesejahteraan masyarakat dan sektor keuangan, dalam satu kesatuan sistem akan menjadikan Smart Economy.
  4. Smart Living, adalah pengelolaan secara cerdas untuk membangun kelayakan taraf hidup masyarakat, ada beberapa sub elemen dalam membangun smart living, yaitu kelayakan pola hidup, kelayakan kualitas kesehatan dan distribusi barang untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat.
  5. Smart Society, adalah pengelolaan cerdas masyarakat terutama hubungan masyarakat yang harmonis dan dinamis, jauh dari kejahatan dan konflik antar warga masyarakat dengan sistem pembelajaran ( literasi ) yang baik. 3 hal sub elemen dalam smart society, yaitu hubungan masyarakat yang humanis dan harmonis, keamanan hidup dan membangun sistem belajar yang baik.
  6. Smart Environment, adalah pengelolaan cerdas tentang lingkungan atau ekologi yang mempengaruhi kehidupan manusia, hal yang berkaitan dengan smart environment adalah tentang proteksi lingkungan, membangun tata kelola sampah dan energy yang mencukupi.




Ke enam hal tersebut di atas merupakan elemen – elemen penting dalam membangun smart city suatu daerah. Ke enam hal tersebut selayaknya dicantumkan dalam sebuah konsep atau masterplan dalam sebuah perencanaan smart city. @supraidiasi.

Bagikan jika bermanfaat..