Memahami Smart Goverment Dalam Smart City

Salah satu elemen dri Smart City adalah Smart Goverment atau pemerintahan yang cerdas, Smart Goverment terdiri dari Smart Smart Birocracy, Smart Service dan Smart Policy yang akan kita bahas satu per satu agar dapat dipahami dan digunakan referensi dalam membangun smart city.

Smart Service adalah layanan dari pemerintah yang menerapkan smart city, yaitu memberikan proses layanan yang cerdas sehingga pelayana bisa mudah, cepat, efektif, efisien dan ekonomi, tetapi mampu meningkatkan layanan masyarakat yang cepat. Layanan ini merupakan layanan online khususnya administrasi seperti administrasi kependudukan, administrasi perijinan dan lain lain yang bisa dilakukan secara online dan terintegrasi. Selain administrasi juga pelayanan lain seperti air bersih, dan lain lian.




Smart Bureaucracy, adalah sistem birokrasi yang cerdas berorientasi pada keadilan ( fairness ), bertanggungjawab ( accountable ) dan keterbukaan ( transparancy ). Penerapan Smart Bearucracy adalah dengan diterapkannya e goverment dalam bentuk e budgeting, e planning, e monitoring dan lain lain. Dengan smart birokrasi maka proses kebijakan publik dalam pemerintahan lebih cepat, tepat, efektif, efisien dan ekonomis, mampu menekan waktu dan biaya proses pembangunan.

Smart Policy adalah pengambilan keputusan kebijakan publik dengan cerdas, mulai input, proses, output, outcome dan impact terhadap masyarakat. Dengan Smart Policy maka pengembilan keputusan publik lebih cepat, efisien, efektif dan ekonomis serta mengandung unsur politik ( keterwakilan ), teknokratis ( akademis / keilmuan ) dan partisipatif. Pengambilan keputusan baik dengan dewan perwakilan daerah, keterlibatan masyarakat atau partisipasi dan dasar dasar akademik dapat dipertanggungjawabkan dengan baik dan dilaksanakan dengan cepat, tepat, ekonomis dan bertanggungjawab.

Smart Goverment yang terdiri dari Smart Service, Smart Bureucracy dan Smart Polity ini perlu dikembangkan dalam master plan smart city suatu daerah atau kota. Untuk membangun smart goverment dibutuhkan ide ide cerdas sesuai dengan kota yang direncanakan, dibutuhkan regulasi kebijakan yang pro smart city, dibutuhkan sumberdaya manusia dan sumberdaya  teknologi yang mendukung smart city.

Apa saja yang menjadi sasaran dan indikator dalam Smart Goverment?




Sasaran dari smart goverment adalah menigkatkan layanan publik dengan cara membangun sistem layanan online terintegrasi dengan ukuran adalah meningkatknya kepuasan masyarakat. Efisiensi birokrasi dengan melaksanakan transparansi publik yang baik, akuntabilitas yang baik dan penerapan e goverment. Serta pengambilan keputusan publik yang cepat, baik dan berkualitas ( smart policy ). @supriadiasi.

Bagikan jika bermanfaat..