Mengenal Teknologi Customer Relationship Management.

Customer relationship management atau manajemen hubungan dengan konsumen sangat penting, karena konsumen merupakan aset bagi suatu perusahaan untuk terus dikembangkan dan terus dikelola dengan baik sehingga tetap menjadi konsumen yang loyal atau bersedia ikut menjualan atau mereferensikan produk ke calon konsumen lain.




Untuk itu maka untuk menyederhanakan pekerjaan dan untuk mempercepat kinerja maka munculah teknologi CRM ( Customer Relationship Management ) sebuah teknologi yang digunakan untuk mengelola konsumen, mulai dari koleksi calon konsumen (prospek), melakukan penawaran, hingga membeli dan bagaimana konsumen tersebut tetap loyal dan membantu penjualan.

Selain itu Customer Relationship Management juga sangat bermanfaat untuk komunikasi konsumen, sehingga produsen mengetahui perubahan perubahan yang terjadi pada kosumen dan produsen mengikutinya.

Software customer relationship management telah berkembang baik dalam bentuk software berbasis web, maupun dalam bentuk aplikasi android. Contoh aplikasi atau software berbasis web adalah Zoho, VTiger, M2M dan masih banyak lagi.




Disisi lain yang berbasis android juga banyak tersedia di play store. Dengan mengunduh di play store dengan kata kunci CRM anda sudah dapat mencoba dan belajar. Dengan aplikasi tersebut anda bisa mengukur penjualan, pendapatan, laba dan prospek yang anda capai. Dimana ada sales funnel atau salespipeline yang akan kita bahas lebih anjut. @biizaatech.

Bagikan jika bermanfaat..