Pentingnya Smart City Pemerintah Daerah Untuk Berdaya Saing Global.

Paradigman ekonomi telah bergeser mulai dari agraris ke industri, berlanjut keuangan dan teknologi informasi komunikasi hingga IoT ( Internet Of Things ) membawa dampat terhadap pemerintahan. Disitulah dibutuhkan Smart City Pemerintah Daerah untuk menjawab segala kebutuhan, masalah dan harapan masyarakat.

Smart City Pemerintah Daerah penting segera disiapkan dan dijalankan karena berbagai hal, terutama perubahan informasi dan komunikasi di masyarakat, yang sebelumnya vertikal di era media massa seperti koran dan majalah kini bergeser ke horizontal, dimana komunikasi dan informasi telah berkembang melalui media sosial, group group dan lain lain yang berjalan dengan cepat. Sehingga tidak mudah untuk dikendalikan. Dari situlah banyak hal yang tidak diketahui oleh pemerintah daerah dan tahu tahu harapan masyarakat begitu tinggi namun tidak seimbang dengan kondisi atau kekuatan pemerintah daerah, baik dari aspek keuangan, aspek sumberdaya manusia dan perangkatnya. Maka yang terjadi adalah ketimpangan antara harapan dan kenyataan pelayanan.





 

Mengapa masyarakat harapannya begitu tinggi dan kuat?…

Di era teknologi informasi dan komunikasi harapan tinggi masyarakat dikarenakan tuntutan dalam persaingan global, tuntutan untuk bertahan dalam ekonomi dan berkembang seiring perkembangan jaman. Jika produk produk dan informasi global masuk dan masyarakat tidak didukung dengan infrastruktur baik fisik maupun non fisik, maka masyarakat akan kalah bersaing dan daerah atau negara akan lemah dalam berdaya saing. Maka ini harus dijawab agar suatu daerah atau negara memiliki daya saing dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi yang disebut dengan Smart City.

Smart City adalah teknologi dan teknologi adalah alat bantu, alat bantu merupakan pengungkit atau dongkrak agar masyarakat dan pemerintah daerah mampu mengangkat beban yang berat untuk bertahan dan bersaing di dunia global. Smart City bagian dari infrastruktur yang mampu menekan biaya ( cost reduction ) dan meningkatkan layanan public ( service increase ) menuju daerah atau negara yang berdaya saing global.

Untuk membangun smart city pemerintah daerah , dibutuhkan elemen dasar sebagai berikut:

  1. Nature, atau potensi alam yang mendukung smart city dengan penataan ruang yang berbasis smart city.
  2. Struktur, yaitu organisasi dan sumberdaya manusia yang mendukung smart city dijalankan.
  3. Infrastruktur, yaitu pendukung infrastruktur untuk menjalanka smart city, baik infrastruktur fisik, infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi dan database.
  4. Suprastruktur, yaitu penyiapan kebijakan yang pro smart city, diantanya adalah tata ruan tata wilayah atau rencana detail tata ruang yang pro smart city, baik di bidang transportasi, energi, drainasi / irigasi, zonasi dan kelembagaannya.




Dengan menyiapkan ke empat elemen itu dengan baik, maka suatu daerah dapat membangun smart city dan berdaya saing baik secara nasional maupun global. Bukan saja pemerintah daerahnya yang berdaya saing, melainkan masyarakatnya dengan dukungan smart city mampu berdaya saing. Karena suksesnya suatu daerah tak lepas dari suksesnya sektor swasta. @supriadiasia.

Bagikan jika bermanfaat..