Tutorial Menggunakan Katalog Whatsapp Business.

Whatsapp Business telah mereale feature baru, yaitu katalog whatsapp dimana katalog tersebut dapat digunakan untuk memenej produk produk pemilik aplikasi dan memudahkan untuk di share kepada calon konsumen maupun konsumen. Namun masih banyak yang belum bisa mengoperasikan tentang katalog whatsapp tersebut, karena whatsapp business itu sendiri masih banyak yang belum memakai.

Untuk itu biizaa tech akan menyampaikan panduan bagaimana memanfaatkan katalog whatsapp bisnis untuk mendukung penjualan para pembaca biizaa. Berikut Panduan Katalog Whatsapp Business.




Pertama kali anda perlu menginstall dan membuka aplikasi whatsapp business. Gmbar tersebut merupakan tampilan icon whatsapp business, denga peredaan ada simbol huruf B ditangah icon Whatsaapnya. Sebagai perbandingan di gambar tersebut ada whatsapp biasa yang tercantum di gambar bagian bawah. Jadi dalam 1 smatphone bisa digunaka dua aplikasi whatsapp. Tentu dengan nomor yang berbeda.
Gambar ke dua merupakana tampilan dari Whatsapp Business, dimana ada feature seperti whatshaap biasa, ada chat, ada status dan ada panggilan. Untuk memanfaatkankan feature katalop whatsapp, silahkan klik pengaturan di sebelah kanan atas sebelah pencarian. Maka akan tampil gambar seperti gambar berikutnya.
Pada icon pengaturan di atas, setelah kita klik akan mencul menu, Grup Baru, Siaran Baru, Label, Whatsapp Web, Pesan Berbintang dan Setelan. Maka untuk untuk memanfaatkan Katalog Whatsaap, silahkan klik Setelah, menu paling bawah.
Pada halaman setelan akan muncul beberapa menu, diantaranya menu Setelan Bisnis, Menu Akun, Menu Chat, Menu Notifikasi, Data dan Penyimpanan, Bantuan dan Undang Teman. Untuk memanfaatkan Katalog Whatsapp Business silahkan pilih Setelan Bisnis.
Setelah kita pilik Setelan Bisnis, maka akan muncul beberapa  menu, yaitu Profile Bisnis yang menerangkan tentang profil bisnis kita, KATALOG yang berisi tentang produk produk kita. Dan inilah yang akan kita manfaatkan untuk menyusun katalog bisnis dan memudahkan penjualan. Ada statistik, tautan pendek. Feature perpesanan yang terdiri dari pesan di luar jam kerja, salam, dan balas chat.

Untuk memanfaatkan Katalog Whatsapp, silahkan pilih menu Katalog.

Setelah memilih ( klik ) Menu Katalog Whatsapp, maka akan tampil seperti gambar di samping. Halaman ini disebut dengan Pengelola Katalog, dan foto paling atas merupakan profil dari whatsapp bisnis kita. Selanjutnya produk produk yang kita upload di katalog whatsapp yang sewaktu waktu mudah kita share.

Untuk menambah produk di katalog whatsapp business, silahkan pilih atau klik tombol plus berwarna hijau dibawah kanan.

Setelah klik icon hijau dibawah sebagai sarana untuk menambahkan produk yang diupload dalam katalog, maka ada menu yang harus kita isi. Yang pertama adalah gambar, dimana kita perlu upload foto produk ktia. Usahakan yang representatif, jika mobil perlu foto dari depan, belakang samping kanan, samping kiri dan lain lain.

Silahka upload gambar dan isikan nama produk dan harga produk, sekaligus ada Tambah Bidang yang artinya menambahkan informasi produk lebih detail.

Gambar tersebut contoh pengisian fom produk katalog whatsapp business. Yang terdiri dari gambar produk, nama produk, harga produk ( optional ) bisa diisi bisa tidak. Deskripsi atau gambaran tentang produk, tautan atau link, apabila kita memiliki toko online. dan Kode produk atau layanan ( jasa ).

Setelah lengkap kita mengisi, silahkan simpan dengan klik tombol SIMPAN di atas.

Setelah kita menyimpan, otomatis produk akan masuk di halaman katalog whatsapp dan kita siap untuk membagi atau share ke kontak kontak atau group yang kita miliki. Dengan begitu memudahkan kita untuk memenej produk. Selanjutnya kita coba share produk kita ke kontak atau group.
Dengan klik produk di Katalog kita, maka keterangan tentang produk akan muncul semua, baik gambar, nama, harga, keterangan, link dan kode produk. Selanjutnya kita bisa share dengan menekan tombol share ( panah melengkung ) di kanan atas untuk kita bagikan.
Nah produk pun bisa dibagikan ke kontak maupun group dengan lebih mudah dan termenej.

Lalu apakah keuntungan Katalog whatsapp Business?




Keuntungan yang pertama adalah mampu memenej data produk, yang semula produk hanya berupa gambar yang kita kirimkah ke kontak atau group, maka bisa dilengkapi dengan informasi lainnya.

Yang kedua, si penerima pun juga menerima informasi yang lebih lengkap baik gambar maupun harganya, sekaligus liink jika produk berada di toko online.

Masih banyak keuntungan yang bisa kita peroleh dari menggunakan katalog whatsapp business, dan silahakan mencoba untuk memanfaatkannya. @BiizaaTech.

Bagikan jika bermanfaat..